Penyebab PC Sering Mati Tiba-Tiba

Penyebab PC sering mati tiba-tiba ada berbagai faktor, bisa disebabkan karena hardware dan juga software. Tentu sangat menyebalkan apabila saat kita sedang bekerja atau bermain menggunakan PC tiba-tiba PC yang kita gunakan mendadak mati tanpa ada peringatan. Berikut ini beberapa penyebab pc mati yang bisa anda selidiki.

Beberapa penyebab PC sering mati tiba-tiba

1. Panas yang terlalu tinggi (over heat)

Yang paling sering terjadi adalah processor terlalu panas. Batas normal panas sebuah processor adalah 65 derajat celcius , tapi hal ini bisa anda setting pada BIOS berapa panas maksimal yang anda inginkan. Overheat pada processor biasanya disebabkan oleh dua hal, pertama pemasangan pendingn yang tidak pas atau renggang dari processor, kedua tidak normalnya kipas atau bahkan mati. Komputer sekarang sudah dirancang untuk mati sendiri jika melebihi ambang batas panas yang dihasilkan.

Untuk mengatasinya periksa kondisi pendingin processor apakah menempel dengan baik, bersihkan debu yang ada dan olesi pasta thermal. Periksa juga hardware lainnya seperti VGA card, sound card, LAN card, atau juga hardisk apakah terlalu panas. Penambahan kipas pada cassing juga sangat membantu masalah ini.

2. Kerusakan pada OS

PC yang sering mati mendadak mungkin juga karena ada gangguan pada OS. YAng paling sering terjadi adalah adanya virus yang menyerang. Untuk mengatasinya masuk ke safe mode lalu scan virus menggunakan antivirus anda. Periksa juga software apa saja yang baru diinstall sebelum PC sering mati.

3. Gangguan Listrik

Jika listrik dirumah anda tidak setabil sering naik turun komputer akan mengalami mati hidup. Namun biasanya hanya restart saja, tidak mati. Untuk mengatasinya anda bisa gunakan UPS atau stabilizer supaya tegangan listrik pada PC tetap stabil. Kondisi power suplay bisa menjadi penyebab PC sering mati tiba-tiba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s