Penyebab Internet Modem Sekarang Mulai Lemot

Modem (Modulator Demodulator) merupakan salah satu dari teknologi pendukung teknologi komunikasi. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa(carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Namun modem sebenarnya adalah alat komunikasi jarak-jauh dengan dua arah. Dijaman modern ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Malah saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam suara. Maka dari itu modem dengan kecepatan yang dibawah kesabaran manusia menjadi suatu masalah yang tak kunjung rampung, mungkin artikel ini bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan seputar lemotnya modem jaman sekarang.

Berikut penyebab koneksi internet modem yang mulai lemot:

  1. Jumlah pelanggan provider tertentu dalam suatu lokasi terlalu banyak.
  2. Lokasi anda tidak strategis. Seperti terlalu banyak gedung, perumahan, pegunungan dll.
  3. Cuaca. Biasanya jika banyak awan atau mendung, koneksi mulai akan melambat.
  4. Penggunaan internet terlalu lama. Jika anda membeli paket Unlimited dan anda memakainya terus menerus, maka pihak provider akan memperlambat koneksi internet anda. Pakailah sewajarnya saja, walaupun itu Unlimited.
  5. Pihak provider sedang mengadakan perbaikan jaringan di beberapa kota dan tempat. Ini kemungkinan besar mengganggu kecepatan karena mungkin ada beberapa alat yang dicopot sementara.
  6. Modem panas. Modem (smartfren) cepat panas, entah mengapa. Usahakan letakan dekat kipas, gunakan kabel dual USB untuk memperpanjang kabel. Kabel dual USB juga berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan Wajanholic. Modem yang panas menyebabkan melambatnya kecepatan karena panas.
  7. Modem terjatuh. Barangkali modem anda terjatuh tidak sengaja dan menyebabkan komponen – komponen di dalamnya rusak.
  8. Jauhnya Lokasi Dari BTS. Mungkin lokasi rumah anda berlokasi jauh dari tower BTS. Semakin jauh dari tower BTS, maka semakin lambat koneksinya. Sebaliknya, jika dekat tower, maka akan sangat cepat (saya tidak menjamin).
  9. Anda terlalu dekat dengan BTS lain. Jika rumah anda berletak di dekat tower BTS lain, maka kemungkinan akan lambat, karena terjadi bentrokan sinyal. Contohnya jika rumah anda berada 20 m dari tower BTS Indosat, maka masih ada kemungkinan bentrokan sinyal yang menyebabkan lambatnya koneksi.

Mungkin hanya 9 penyebab khususnya smartfen yang baru saya ketahui dari beberapa nara sumber dan eksperimen sendiri. Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s