Instalasi OpenSUSE Melalui Jaringan

Melakukan instalasi OpenSUSE melalui jaringan sangat cocok diterapkan pada lingkungan perusahaan atau kantor atau lembaga yang ingin melakukan instalasi dalam jumlah besar. Banyak keuntungan yang didapatkan dari instalasi melalui sistem jaringan, yaitu :

  1. Bisa dilakukan secara bersama-sama
  2. Tidak ada beban masalah kerusakan CD / DVD
  3. Kecepatan akses tinggi dan konstan
  4. Tidak memerlukan CD / DVD saat instalasi
  5. Selesai install, setting sumber instalasi dapat langsung diakses dan digunakan dalam melakukan update, sehingga tidak perlu mencari-cari CD/DVD.

Proses instalasi melalui jaringan terbagi kedalam 2 tahap, yaitu membuat repositori jaringan dan melakukan instalasi client. Cara termudah dalam membuat repositori jaringan adalah melakukan copy seluruh isi DVD atau CD kedalam folder yang ditentukan. Jika melakukan copy data dari CD, buat folder untuk masing-masing CD, jadi nanti terbentuk CD1, CD2, CD3 dan seterusnya. Setelah proses copy data selesai, kita bisa membukanya agar dapat diakses melalui NFS, Samba, http maupun ftp.

Tertarik melakukan instalasi OpenSUSE melalui jaringan ? Silakan downloadTutorial Instalasi OpenSUSE Melalui Jaringan. Panduan ini dibuat oleh Vavaidan arsip onlinenya ditempatkan pada Blog Migrasi Windows-Linux.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s