Fungsi Modem

Fungsi Modem – Berbicara internet, maka kita tidak akan luput berbicara tentang Modem. Namun tahukah anda fungsi Modem yang sebenarnya? Bila belum begitu paham tentang apa fungsi Modem atau kegunaan Modem, maka hal itu akan dicoba dijelaskan pada postingan kali ini.

Gambar Modem

Dari berbagai tulisan yang menyangkut mengenai Modem, maka kata Modem itu sendiri merupakan singkatan dari Modulator Demulator. Disini Modulator merupakan agian yan merubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima, sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Dalam bahasa sederhana fungsi Modem juga dapat dijelaskan dengan gamlang, yaitu dimana modulasi sendiri dapat digambarkan kurang lebih seperti ini:

Bila anda ingin mengirim barang misalnya sebungkus rokok ke kota lain, anda harus mengirimnya ke kantor pos. Setelah sampai di kantor pos, maka kantor pos akan menanyakan data nama penerima, alamat tujuan, dan sebagainya, kemudian akan mengemas kotak rokok anda dengan kemasan yang sesuai, supaya paket anda aman, tujuannya jelas, pengirim bisa mengirim ke alamat yg tepat (ini proses modulasi)

Sementara Demulator berfungsi untuk mencocokan nama penerima dan alamat tujuan dan bila semuanya cocok, maka paket itu akan dibuka dengan cara yg standart, sehingga tidak merusak isi di dalamnya.

Demikian sedikit penjelasan mengeai fungsi Modem, semoga dengan penjelasan sederhana ini dapat membantu anda untuk mengetahi lebih dalam tentang kegunaan modem yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s